Tugas 10 - Pemrograman Perangkat Bergerak
Hesekiel Nainggolan
5025201054
PPB I
Dessert Clicker
Pada pertemuan kali ini, kita akan membuat aplikasi dessert clicker. Apa itu aplikasi dessert clicker?. Jadi di Dessert Clicker, setiap kali pengguna mengetuk makanan penutup di layar, aplikasi akan "membeli" makanan penutup untuk pengguna. Aplikasi mengupdate nilai dalam tata letak untuk:
- Jumlah makanan penutup yang "dibeli"
- Total pendapatan untuk makanan penutup "yang dibeli"
Untuk membuat aplikasi dessert clicker, kita akan menggunakan code yang sudah ada di Github. Untuk membuat dessert clicker sendiri, ada beberapa tahapan yang akan kita lakukan:
1. Membuat New Project
Sama seperti langkah-langkah pada pertemuan sebelumnya, hal yang pertama sekali kita lakukan adalah membuat new project dengan penamaan bebas sesuai dengan keingingina kita. Kita juga bisa menggunakan import project dengan link Github diatas.
2. Mempelajari Metode Siklus Proses dan Menambahkan Logging Dasar
Kita pasti pernah mendengar kata Siklus. Contoh kecil dari lingkungan kita sendiri dapat kita lihat pada siklus dari kupu-kupu. Dimulai dari kepompong melalui tahapan-tahapan hingga menjadi kupu-kupu.
Jadi apa yang dimaksud dengan siklus?. Setiap aktivitas memiliki tahapan yang dikenal sebagai siklus proses. Siklus proses aktivitas terdiri dari berbagai status yang dapat dilalui oleh aktivitas, dari saat aktivitas pertama kali diinisialisasi hingga dihancurkan, yang pada saat itu sistem operasi (OS) akan mengklaim kembali memorinya. Biasanya, titik entri program adalah metode main(). Namun, aktivitas Android dimulai dengan metode onCreate(); metode ini akan setara dengan tahap telur dalam contoh di atas. Kita sudah menggunakan aktivitas berkali-kali di sepanjang kursus ini, dan Kita mungkin mengenali metode onCreate(). Saat pengguna memulai aplikasi, berganti-ganti aktivitas, serta melakukan navigasi di dalam dan di luar aplikasi Kita, status aktivitas akan berubah.
Keterangan:
- onCreate():
- Deskripsi: Metode ini dipanggil saat aktivitas pertama kali dibuat. Ini adalah tempat untuk melakukan inisialisasi dasar seperti membuat UI, mengikat data ke list, dan mengatur variabel instance.
- Penggunaan: Set up initial configuration, setContentView() untuk mengatur layout aktivitas.
- onStart():
- Deskripsi: Dipanggil ketika aktivitas menjadi terlihat oleh pengguna.
- Penggunaan: Memulai animasi, memulai layanan atau mengikat ke layanan yang diperlukan selama aktivitas terlihat.
- onResume():
- Deskripsi: Dipanggil tepat sebelum pengguna mulai berinteraksi dengan aktivitas. Pada titik ini, aktivitas berada di bagian atas tumpukan aktivitas dan menerima input pengguna.
- Penggunaan: Melanjutkan animasi, memulai kembali pemutaran video, dan memperbarui UI berdasarkan data terbaru.
- onPause():
- Deskripsi: Dipanggil ketika sistem akan mulai melanjutkan aktivitas lain. Ini adalah tempat untuk menyimpan data yang harus bertahan dalam situasi di mana aktivitas dapat dihentikan sementara.
- Penggunaan: Menghentikan animasi atau video, menyimpan perubahan yang belum disimpan, dan melepaskan sumber daya yang mungkin menyebabkan kebocoran memori.
- onStop():
- Deskripsi: Dipanggil ketika aktivitas tidak lagi terlihat oleh pengguna. Ini bisa terjadi karena aktivitas baru dimulai, aktivitas yang ada dibawa ke depan, atau aktivitas yang ada dihancurkan.
- Penggunaan: Melepaskan sumber daya berat, menghentikan tugas-tugas yang tidak diperlukan saat aktivitas tidak terlihat.
- onDestroy():
- Deskripsi: Dipanggil sebelum aktivitas dihancurkan. Ini adalah kesempatan terakhir untuk membersihkan sumber daya yang terkait dengan aktivitas.
- Penggunaan: Membersihkan sumber daya terakhir dan melakukan tugas akhir sebelum aktivitas dihancurkan.
- onRestart():
- Deskripsi: Dipanggil setelah aktivitas dihentikan dan sebelum dimulai kembali. Ini terjadi ketika aktivitas yang sebelumnya terlihat sekarang akan terlihat lagi.
- Penggunaan: Menginisialisasi kembali komponen yang dihentikan saat aktivitas dihentikan.
3. Implemetasi Pada Kode Program
Setelah kita mempelajari siklus dari sebuah aplikasi, maka langkah selanjutnya ialah mengaplikasikannya pada code program yang ada.
- Membuka dan Menutup Aktivitas
Kompilasi dan jalankan aplikasi Dessert Clicker jika belum berjalan. Seperti yang Anda lihat, callback onCreate(), onStart(), dan onResume() dipanggil saat aktivitas dimulai pertama kali.
- Kembali Ke Home
Ketika aplikasi sudah di jalankan dan kita menekan tombol Home, maka callback onPause() & onStop() akan dipanggil. Arti dari sini itu kita kembali ke home tanpa menutup aplikasi:
- Masuk Kembali ke Aplikasi
Ketika kita masuk kembali ke aplikasi, maka callback onRestart(), onStart(), & onResume() akan dipanggil.
- Menutup Aplikasi
Ketika kita menutup aplikasi kita, artinya kembali ke home dan aplikasi sudah tertutup maka callback onPause(), onStop(), & onDestroy() akan dipanggil. Ini akan menutup aplikasi yang sedang berjalan.
- Melakukan Share
Ketika kita menekan tombol share, maka callback onPause():
- Kembali Ke Home
Ketika aplikasi sudah di jalankan dan kita menekan tombol Home, maka callback onPause() & onStop() akan dipanggil. Arti dari sini itu kita kembali ke home tanpa menutup aplikasi:
- Masuk Kembali ke Aplikasi
Ketika kita masuk kembali ke aplikasi, maka callback onRestart(), onStart(), & onResume() akan dipanggil.
- Menutup Aplikasi
Ketika kita menutup aplikasi kita, artinya kembali ke home dan aplikasi sudah tertutup maka callback onPause(), onStop(), & onDestroy() akan dipanggil. Ini akan menutup aplikasi yang sedang berjalan.
- Melakukan Share
Ketika kita menekan tombol share, maka callback onPause():
Komentar
Posting Komentar