Tugas 12 - Pemrograman Perangkat Bergerak

 Hesekiel Nainggolan

5025201054

PPB I

FRAMEWORK FLUTTER 1 -  NAMER


Halo, pada pertemuan kali ini, kita akan membahas mengenai framework flutter. Flutter adalah toolkit UI Google untuk membangun aplikasi untuk perangkat seluler, web, dan desktop dari codebase tunggal. Untuk implementasi kali ini, kita akan membuat aplikasi Namer. Aplikasi ini menghasilkan nama yang terkesan keren, seperti "newstay", "lightstream", "mainbrake", atau "graypine". Pengguna dapat meminta nama berikutnya, memfavoritkan nama saat ini, dan meninjau daftar nama yang difavoritkan di halaman terpisah. Aplikasi ini responsif terhadap berbagai ukuran layar:


Sebelum kita melakukan pembuatan aplikasinya, pertama sekali kita harus menyiapkan beberapa tools yang diperlukan:
  • Visual Studio Code
  • Android Studio
  • Visual Studio
  • Instalasi SDK flutter yang digunakan
Untuk detail dari instalasi nya dapat menonton melalui halaman link Youtobe. Selanjutnya, kita akan mulai membuat aplikasinya:

    1. Membuat proyek Flutter pertama Anda

Buka Visual Studio Code dan buka palet perintah (dengan Ctrl+Shift+P atau Shift+Cmd+P). Kemudian ketik "flutter new" dan pilih perintah Flutter: New ProjectBerikutnya, pilih Application lalu folder tempat proyek akan dibuat. Folder ini dapat berupa direktori utama Anda, atau direktori seperti C:\src\. Terakhir, beri nama proyek Anda. Beri nama seperti namer_app atau my_awesome_namer.

    2. Membuat Aplikasi

Selanjutnya ialah membuat aplikasi. Kita dapat mengambil kode nya dari Github. Dalam proses pembuatanya memerlukan beberapa langkah:

  • Menyalin Code Awal
Ada beberapa code yang harus dipersiapkan diawal:

pubspec.yaml.

analysis_options.yaml

lib/main.dart

Hasil :






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 11 - Pemrograman Perangkat Bergerak

Tugas 13 - Pemrograman Perangkat Bergerak